Hello! Comments Pictures
picasion.com

Rabu, 27 Februari 2013

Cara Menghadapi Persiapan Ujian ^_^

1. Berdoa pada Tuhan

     Berdoa kepada Tuhan berarti menyeru, memanggil, atau memohon kepada Tuhan YME untuk meminta segala sesuatu. Dengan berdoa kita mendapatkan manfaat seperti mendapat pertolongan dari Tuhan YME, diberikan jalan keluar dari kesulitan, agar tidak mendapat murka dari Tuhan YME, dll.

2. Konsentrasi 

     Jika kita dapat berkonsentrasi terhadap pelajaran maka manfaatnya akan sangat besar, sehingga hal ini dapat membantu kita mengingat dan mengerti pelajaran tersebut.

3. Membuat Ringkasan

     Ringkasan merupakan alat yang tepat untuk mencerna buku/materi pelajaran, karen adengan ringkasan buku/materi pelajaran yang begitu banyak dapat dicakup. Sebaiknya kita membuat ringkasan pelajaran setelah kita selesai mempelajari suatu uraian secara bulat. untuk dapat membuat ringkasan yang baik kita harus benar-benar mengerti uraian yang akana diringkas, yaitu pokok pikiran dalam uraian serta hubungannya antaraa satu dengan yang lain.

4. Mencari Tempat yang Nyaman

     Kita harus mencari tempat yang nyaman untuk belajar. Sesuaiakan dengan gaya belajat kita sehingga mendukung kenyamanan belajar.

5. Membuat Rencana Belajar
    Rencanakan apa yang akan kita pelajari dengan kata-kata sendiri atau kita coba menerangkannya pada teman. Hal ini akan membantu mengingat apa yang telah dipelajari.

6. Istirahat yang Cukup
     Meski kita sibuk belajar, tapi jangan lupa istirahat. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh tetap fit dan siap belajar.

7. Tidak Memaksakan Diri

     Janganlah belajar pada kondisi badan dan hati yang tidak menyenangkan. Jika kondisi badan capek dan hati sudah tidak tenang lagi, sebaiknya dihentikan kegiatan belajar dan mulai kembali jika kondisi badan sudah kembali lagi.

8. Tidak Malu Bertanya

     Jika tidak tahu akan sesuatu, sebaiknya kita tidak malu bertanya kepada orang lain. Mintalah penjelasan kepada guru atau teman atau siapa pun yang lebih mengetahui daripada kita tidak mengerti sama sekali.

9. Belajar Kelompok
     Agar hasil lebih efektif dan efisien maka sebaiknya belajar kelompok. Dengan hal ini dapat tercipta satu situasi yang saling mendukung satu sama lain. Artinya anggota-anggota kelompok belajar dapat saling membantu satu sama lain, saling mengisi kekurangan dan kelebihan. Dalam kelompok belajar ciptakan suatu situasi dan kondisi kompetensi tetapi yang sehat dan positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar